Langsung ke konten utama

Struktur dan Fungsi Otot Manusia

STRUKTUR DAN FUNGSI OTOT MANUSIA

        Rangka dapat digerakkan karena ada otot yang melekat pada tulang rangka. Otot disebut juga alat gerak aktif. Untuk lebih mengetahui tentang sendi pada manusia, mari cermati uraian berikut.
Jika tidak ada otot maka rangka tidak akan bisa digerakkan. Otot merupakan alat gerak aktif, karena otot memiliki kemampuan untuk berkontraksi. Kontraksi otot ini menyebabkan tulang dapat bergerak. Selain itu, otot mempunyai peranan dalam memberikan bentuk luar tubuh bersama dengan rangka. Ayo amati nama-nama otot berikut agar kamu lebih memahami sistem otot.

Chest muscle = otot dada
Deltoid = deltoid
Bicep = bisep
Flexors = otot fleksor
Abdominal muscle = otot perut
Quadriceps = otot kuadrisep

A. Jenis-Jenis Otot
Otot dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu otot polos, otot lurik, dan otot jantung. Ayo kita cermati uraian berikut.

1. Otot lurik
Otot lurik biasanya melekat pada rangka, sehingga sering disebut otot rangka. Otot lurik terdiri atas serabut-serabut halus yang disebut miofibril, memiliki banyak inti dan dan tampak adanya bagian yang terang diselingi bagian gelap yang melintang. Oleh karena itu, otot lurik disebut juga otot serat melintang. Cara kerjanya dipengaruhi oleh kesadaran atau saraf sadar dan tidak tahan kelelahan.

2. Otot Polos
Otot polos sangat berbeda dengan otot lurik karena tidak memiliki serat gelap dan terang. Otot polos memiliki sel-sel berbentuk gelendong dan terdapat satu inti ditengah sel. Ciri-ciri otot polos adalah gerakannya di bawah pengaruh saraf tak sadar, reaksinya lambat tetapi mampu berkontraksi dalam waktu lama dan tidak cepat mengalami kelelahan. Terdapat pada saluran alat–alat dalam, seperti saluran pernapasan, saluran pencernaan, pembuluh darah, dan getah bening.

3. Otot jantung
Otot jantung atau miokardium hanya terdapat pada dinding jantung. Otot jantung memiliki ciri-ciri seperti otot lurik (memiliki serat gelap dan terang). Tetapi cara kerjanya seperti otot polos (dipengaruhi saraf tak sadar dan tidak cepat mengalami kelelahan.). Kerja otot jantung berkaitan erat dengan fungsi jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika kerja otot jantung terganggu menyebabkan serangan jantung.

B. Cara Otot Bergerak
Otot bergerak dengan cara berkontraksi. Untuk melakukan gerakan ini, otot tidak bekerja sendirian tetapi selalu berpasangan dengan otot lain. Berdasarkan tujuan kerjanya, otot dibedakan menjadi antagonis dan otot sinergis.

1. Otot Antagonis
Otot antagonis adalah dua otot atau lebih yang menggerakkan tulang ke arah yang berlawanan. Arah gerakan yang ditimbulkan oleh kontraksi otot juga ditentukan oleh persendiannya. Berdasarkan arah geraknya, gerakan antagonis dibagi menjadi beberapa macam sebagai berikut.
a. Supinasi> Supinasi adalah gerakan menengadahkan tangan, sedangkan pronasi adalah gerakan menelungkupkan tangan.
b. Ekstensi >< fleksi
Ekstensi adalah gerak meluruskan, sedangkan fleksi adalah gerak menekuk. Contohnya gerak pada siku, lutut, dan ruas-ruas jari.
c. Abduksi >< aduksi
Abduksi adalah gerakan anggota tubuh menjauhi sumbu tubuh. Contohnya merentangkan tangan hingga sejajar dengan bahu. Sedangkan, aduksi adalah gerakan anggota tubuh mendekati sumbu tubuh. Contohnya tangan setelah direntangkan.
d. Depresi >< elevasi
Depresi adalah gerakan menurunkan anggota tubuh. Sedangkan, gerakan elevasi adalah mengangkat anggota tubuh.

2. Otot Sinergis
Otot sinergis adalah dua otot atau lebih yang bekerja sama dengan tujuan yang sama. Artinya otot-otot ini berkontraksi bersama dan berelaksasi bersama pula. Contohnya otot-otot antartulang rusuk yang bekerja sama ketika kamu menarik napas.
Menurut perlekatannya otot dibedakan menjadi dua macam, yaitu origo dan insersio. Origo adalah ujung otot yang melekat pada tulang-tulang yang tidak bergerak ketika otot berkontraksi. Sedangkan, insersio adalah bagian ujung otot lain yang melekat pada tulang yang bergerak ketika otot berkontraksi.

C. Kelainan pada Otot
Otot merupakan alat gerak aktif dalam tubuh kita. Terdapat beberapa gangguan kesehatan pada otot yang terdapat pada tubuh.
1. Tetanus
Tetanus adalah keadaan otot yang tegang terus menerus yang disebabkan oleh racun bakteri Clostridium tetani.
2. Kelelahan Otot
Kelelahan otot adalah suatu keadaan otot tidak mampu melakukan kontraksi sehingga terjadi kram otot.
3. Atrofi Otot
Atrofi otot adalah pengecilan atau penyusutan jaringan otot sehingga otot kehilangan fungsi kontraksi. Penyebab atrofi antara lain makanan yang buruk, sirkulasi yang buruk, kehilangan dukungan hormonal pada organ atau karena penyakit poliomielitis.
4. Distrofi Otot
Distrofi otot adalah suatu kelainan otot yang biasanya terjadi pada anak-anak karena adanya penyakit kronis atau cacat bawaan sejak lahir.
5. Kaku Leher
Kelainan yang terjadi karena salah gerakan atau adanya hentakan yang menyebabkan otot trapesius meradang. Akibatnya leher menjadi kaku dan nyeri.
6. Hipertrofi Otot
Hipertrofi adalah pembesaran atau pertambahan massa total suatu otot. Hal ini terjadi karena peningkatan jumlah filamen aktin dan miosin dalam setiap serat otot sehingga terjadi pembesaran serat otot, yang secara sederhana disebut hipertrofi serat.
7. Hernia Abdominal
Penyakit hernia adalah penyakit yang disebabkan oleh turunnya usus ke bawah selaput perut sampai ke kantung buah zakar. Hal ini terjadi karena melemahnya otot perut untuk menyangga usus. Penyakit ini sering terjadi pada pekerja berat yang banyak mengangkut barang seperti kuli pelabuhan.
8. Kardiomiopati
Kardiomiopati adalah istilah umum untuk gangguan otot jantung yang menyebabkan jantung tidak bisa lagi berkontraksi secara memadai. Ada banyak penyebab kardiomiopati seperti penyakit jantung koroner, konsumsi alkohol berlebihan, infeksi virus, dan hipertensi.

sumber : http://whitefad.blogspot.co.id/2016/02/struktur-dan-fungsi-otot-manusia.html


sumber : https://www.youtube.com/watch?v=d9owEvYdouk


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diabetes Insipidius

Diabetes Insipidius Apa itu diabetes insipidus? Diabetes insipidus adalah kondisi yang menyebabkan seringnya frekuensi buang air kecil dan rasa haus yang berlebihan. Diabetes insipidus dapat membuat tidur malam Anda terganggu dan dapat menyebabkan mengompol. Gejalanya mirip dengan diabetes melitus namun penyebabnya berbeda. Diabetes melitus disebabkan karena masalah insulin dan kadar gula darah yang tinggi sedangkan diabetes insipidus dipengaruhi kerja ginjal Anda terhadap urin. Keduanya tidak berhubungan. Seberapa umumkah diabetes insipidus? Diabetes insipidus jarang terjadi. Penyakit ini lebih sering terjadi pada laki-laki dibanding perempuan. Penyakit ini dapat terjadi di semua usia. Anda dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit ini dengan mengurangi faktor risikonya. Selalu konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut. Tanda-tanda & gejala Apa saja tanda-tanda dan gejala diabetes insipidus? Tanda yang paling sering terjadi p

Contoh Penerapan gas pada kehidupan sehari-hari

Penerapan sederhana gas ideal yang terjadi di dalam kehidupan secara tidak di sengaja. Ban motor menjadi kempes jika lama tidak digunakan Nah kenapa ban motor anda  kempes jika lama tidak digunakan? Ternyata ini dapat di jawab dengan logis melalui formula gas ideal ini. Ketika anda sering menggunakan motor, motor akan mejadi panas. Bukan hanya pada mesin saja yang panas, namun juga terjadi pada body dan juga pada ban. ban motor malah sering bersentuhan dengan aspal yang tentunya panas sekali. Nah pada saat ban ini panas berarti suhu pada ban ini meningkat bukan? Ketika suhu meningkat otomatis tekanan di dalam ban juga ikut meningkat juga. Sesuai dengan formula gas ideal di atas. Ketika motor lama tidak anda gunakan menyebabkan suhu pada motor menjadi dingin, begitu juga dengan ban. bila anda menyimpan motor anda di rumah di lantai batu maka ban akan lebih dingin lagi. Hal ini menyebabkan suhu pada ban menurun. Ketika suhu ban ini turun otomatis tekanan di dalam ban berkurang. Hal i

Karbohidrat

Pengertian Karbohidrat Karbohidrat adalah  Sumber energi utama tubuh. merupakan zat gizi yang terdapat dalam makanan yang tersusun dari unsur Carbon (C), Hidrogen(H), dan oksigen (O).  Sumber-sumber Karbohidrat  sangat banyak seperti beras, jagung, gandum Dll nanti akan kita bahas lebih lanjut mengenai sumber-sumbernya. Jenis karbohidrat  yang terdapat dalam makanan pada umumnya di bagi menjadi 3 jenis berdasarkan Ukuran melekul nya yaitu: Monosakarida, Disakarida dan polisakarida. Polisakarida dalam bahan makana hewani yang dapat dicerna disebut dengan Glikogen. Selain itu dalam ilmu Gizi karbohidrat di bagai menjadi dua jenis yaitu  karbohidrat sederhana dan karbohidrat Kompleks Sumber Karbohidrat Banyak sekali sumber-sumber karbohidrat yang terdapat disekitar kita seperti : Sumber karbohidrat Pada Biji  : Beras, jagung, gandum Sumber karbohidrat Pada Buah  : Pisang dan semua jenis buah yang rasanya manis. Sumber Karbohidrat Pada Akar/umbi  : Ubi jalar, Ubi kayu,